..........Assalamu Alaikum Sobat semua Mohon maaf bila masih Banyak kekurangan di Lutfi Blog's....

Jumat, 18 November 2011

Rpp tauhid

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Al Qur`an Hadits
Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Negeri Kulon Progo
Kelas / Smt : IX / 1
Alokasi Waktu :1 x 45 menit (1 X pertemuan)

I. Standar Kompetensi
Memahami isi kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.

II. Kompetensi Dasar :
• Siswa memahami isi kandungan Al-Qaari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
• Siswa memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Qaari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
• Siswa menerapkan kandungan Al-Qaari’ah dan Al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya.
III. Indikator
• Siswa mampu membaca dan mengartikan Q.S. Al-Qaari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
• Siswa mampu memahami isi kandungan Al-Qaari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
• Siswa mampu memahami keterkaitan isi kandungan Q.S. Al-Qaari’ah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.
• Siswa mampu menerapkan kandungan Al-Qaari’ah dan Al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya tentang hukum fenomena alam.

IV. Metode Pembelajaran
Tugas, Tanya Jawab, Ceramah

V. Materi pokok : QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah
Uraian materi pokok :
• Bacaan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah
• Kandungan QS al-Qaari`ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal (10 Menit)
1. Mengawali kegiatan pembelajaran secara Islami.
2. Memotivasi siswa
3. Apersepsi; guru menanyakan pelajaran sebelumnya.
4. Pretest (menanyakan pengertian hari kiamat)
5. Memberi acuan (menyampaikan indikator yang akan dicapai)

B. Kegiatan Inti (25 Menit)
1. Siswa membaca QS al-Qari`ah dan Al Zalzalah dengan dipandu oleh guru.
2. Guru memberikan sedikit pengantar tentang kandungan surat Al-Qariah dan Al-Zalzalah.
3. Siswa kemudian diminta untuk menyaksikan dan memperhatikan sebuah video terkait materi yang dipersiapkan guru.
4. Masing-masing siswa diperintahkan untuk membuat laporan terkait video yang sudah disaksikan.
5. Beberapa perwakilan siswa menyampaikan laporan yang sudah dibuat dan dibacakan di depan kelas.
6. Guru mengevaluasi bersama-sama dengan siswa mengenai video tersebut.
7. Guru menjelaskan kembali terkait video dengan menghubungkan terhadap kandungan surat Al-Qariah dan Al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam.

C. Kegiatan Akhir (10 Menit)
1. Siswa diminta meninjau ulang topik yang dipelajari dan ditulis dalam buku catatan dan pelajaran yang dapat diambil dari topik materi pelajaran.
2. Guru memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan.
3. Post Test
3. Mengakhiri pembelajaran secara Islami

VII. Strategi Pembelajaran
 Interactive lecturing
 Video Critic
 Topical Review

VIII. Media
 Kertas dan Spidol
 Whiteboard
IX. Sumber atau Bahan
 Buku paket untuk MTs kelas IX
 Lembar Kerja Siswa(LKS)
X. Penilaian
 Tugas
 Ulangan Harian
 Ulangan Akhir Semester



0 komentar: